SAAT PENYULUHAN KESADARAN HUKUM, KAPOLSEK BERTANYA, KENAPA APAM DAN KOLAK MENJADI MENU FAVORIT SAAT BERBUKA PUASA

Tribratanewsgayolues.com-
Kamis (10/05/2018) Pukul 20.00 Wib, bertempat di meunasah Kampung Telege Jernih, kec Terangun, Kab Gayo Lues. Kapolsek Terangun IPDA SUGENG RIYADI, SH mengadakan acara pembinaan dan penyuluhan kesadaran hukum terhadap warga dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1439 Hijriah.

Lazimnya penyuluhan tentang kamtibmas kepada warga masyarakat, namun ada yang spesial dan enak isi ceramah yang di sampaikan oleh kapolsek Terangun yang membuat ratusan warga yg hadir terhipnotis.

Tribratanewsgayolues.com mengutip isi ceramah perwira lulusan SIP 43 tahun 2014 ini. Demikian sepenggal ceramah yang bisa ditulis oleh Tribratanewsgayolues.com

KENAPA APAM MENJADI MENU FAVORIT BERBUKA PUASA??

Lain lubuk lain ikannya, lain padang lain belalang. Indonesia dikaruniai keragaman budaya, adat istiadat dan kebiasaan. Itu semua merupakan kekayaan yang sangat luar biasa yang berada di zamrud katulistiwa.

Ditahun 80-an dan 90-an saya masih SD dan saya masih berada ditanah jawa, kalau diperhatikan setiap menyambut bulan suci ramadhan ada tradisi “megang”. Ternyata ditahun 2017, saat saya berada di provinsi Aceh ada juga yang namanya tradisi “megang”. Ada kesamaan antara Jawa Tengah dengan Aceh, orang tua kita sibuk mempersiapkan megang; ada yang motong ayam, ada yang motong kambing, ada juga yang motong lembu.

Tradisi tersebut merupakan perlambang bahwa saat menghadapi bulan puasa, kita sebagai umat islam dianjurkan untuk menghilangkan sifat sifat binatang manusia ; sombong, angkuh, congkak, riya dan sebagainya.

Saat berbuka puasa, menu makanan yang sering kita jumpai antara lain ; APAM ( apem- jawa), KOLAK, dan KETAN( pulut – Aceh). Rupanya menu makanan tersebut mengandung ajaran filosogi yang sangat mendalam bagi kita umat islam.

APAM di Aceh, kalau lidah Jawa menyebutnya APEM, ternyata kedua kata tersebut aslinya berasal dari bahasa Arab ; ” A’FUU ” yang mempunyai arti maaf atau mohon maaf. Lalu kepada siapa kita memohon Maaf??

KOLAK, lazimnya kolak berisikan pisang atau ubi yang masak dengan bumbu gula dan santan. ternyata kata Kolak berasal dari bahasa Arab ; KHOLLAQ yang sering kita dengar KHOLIQ yang mempunyai arti Yang Maha Pencipta.

Pertanyaan diatas terjawab sudah, kepada siapa kita memohon maaf? . Tentu hanya kepada Alloh swt Yang Maha Pencipta atas segala sesuatu yang berada di langit dan di bumi.

Muncul lagi pertanyaan kita, mengapa kita harus memohon maaf kepada Yang Maha Pencipta?

KETAN, biasanya ketan di buat tape ( ragi – Aceh) dan dibuat beraneka jenis masakan menu buka puasa yang tentunya sangat mengundang selera kita. KETAN sendiri ternyata juga berasal dari bahasa Arab ; KHOTHAN yang memiliki arti kesalahan.

Jelas sudah apa arti secara filosofi tentang menu berbuka puasa ; APAM, KOLAK dan KETAN.

Marilah momen bulan suci ramadhan 1439 Hijriah kita gunakan untuk beribadah, kita raih dan kita kumpulkan pundi pundi pahala yg berlipat. kita buang napsu napsu binatang yg ada pada diri kita. Kita meminta ampunan, meminta maaf kepada Yang Maha Pencipta atas segala kesalahan dan dosa kita.

Selamat menunaikan ibadah puasa ditahun ini, semoga kita termasuk orang yang mendapatkan Syafa’at-nya.
Amin.

Demikian isi ceramah kapolsek Terangun yang bisa dikutip Tribratanewsgayolues, semoga bermanfaat.(Rz)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here